Menggunakan WhatsApp Business

10 Tips dan Trik Menggunakan WhatsApp Business

Posted on

Berita baik untuk Anda pebisnis yang sejauh ini manfaatkan WhatsApp untuk tempat berhubungan dengan customer. Sebab belakangan ini WhatsApp mengeluarkan versus baru yang spesial direncanakan untuk usaha serta merek.

WhatsApp Business serta personal adalah dua aplikasi tidak sama, jadi untuk dapat memakai versus usaha, Anda harus mengambilnya terlebih dulu dari Play Store. Untuk perjumpaan, Dailysocial datangkan 10 panduan memakai WhatsApp Business supaya penyesuaian Anda makin cepat serta service konsumen setia bisa kembali lagi berjalan normal.

Mendaftarkan Account WhatsApp Business

Seperti dalam versus personal, WhatsApp Business memerlukan nomor hp yang aktif. Untuk catatan, jika WhatsApp Business tidak dapat memakai nomor yang pernah atau sedang dipakai di WhatsApp standard. Jadi, bila Anda ingin memakai nomor yang sama, Anda harus pilih salah satunya, masih ada di versus standard atau berubah jadi versus usaha.

Langkah awal, ambil dulu aplikasi WhatsApp Business dari Play Store.

Sesudah dipasang, lakukan aplikasi seperti biasa serta tap Agree and Continue untuk meneruskan ke tingkatan selanjutnya. Waktu ada jendela popup, tap Continue serta tap Allow seringkali.

Selanjutnya, masukan nomor hp yang ingin dipakai.

Umumnya, skema akan dengan cara automatis mengenal code verifikasi yang diantar lewat pesan singkat. Tapi bila masih diharap, silakan membuka pesan SMS yang dikirim, selanjutnya tuliskan code verifikasi yang ada di pesan itu.

Step setelah itu, isi nama usaha Anda, yakinkan terisi secara benar sebab nama ini tidak dapat dirubah di masa datang. Serta usai, account WhatsApp Business Anda telah sukses dibikin, Anda telah langsung dapat memakainya untuk berhubungan dengan customer.

Baca Juga :  Tips SEO di Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

Mengganti Profile Usaha

Profile usaha, seperti alamat, kelompok usaha, jam membuka serta alamat situs dapat dirubah serta ditambah lagi dengan terhubung menu Settings – Business Settings.

Sama yang disinggung baru saja, di penataan itu Anda dapat lengkapi data perusahaan seperti tempat kantor atau toko, kelompok, photo, gambaran dan situs situs. Bila semua data telah terisi secara benar, tap tombol Save di kanan atas untuk simpan perkembangan.

Lihat Statistik Pesan

Panel statistic sudah disediakan untuk memuat info ini, info mengenai seberapa banyak pesan yang Anda terima serta kirimkan pada konsumen setia. Triknya, masih di menu Settings, tap menu Statistic.

Membuat Away Message

Away Message umumnya dipakai untuk menolong pebisnis masih tersambung ke customer saat mereka sedang tidak dalam tempat atau service sedang tutup. Feature ini akan memberi jawaban automatis saat seorang konsumen setia menyampaikan pesan.

Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, selanjutnya berikan sinyal contreng untuk aktifkan feature ini, serta ubah pesan standar yang telah ada, silakan pakai kalimat versus Anda. Sesudah usai, tap Save untuk simpan perkembangan.

Langkah Membuat Greeting Message

Greeting Message menolong pengelola usaha untuk merajut komunikasi yang lebih bagus dengan customer. Feature ini akan terkirim dengan cara automatis ke konsumen setia yang mengontak Anda sesudah 14 hari tanpa ada komunikasi.

  1. Untuk aktifkan feature ini, membuka menu Settings – Business Settings – Greeting Message.
  2. Posisikan tombol ke On, selanjutnya ubah kata sambutan yang menurut Anda paling ramah serta membuat konsumen setia berasa dihormati. Janganlah lupa tap tombol Save untuk simpan perkembangan.

Langkah Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies)

Selanjutnya, di WhatsApp Business Anda dapat juga membuat jawaban cepat yang dipacu dalam kata kunci khusus. Dengan langkah ini, Anda bisa mengirit waktu sebab tidak harus menulis satu atau dua kalimat penuh dari pertama.

  1. Triknya, membuka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.
  2. Standarnya ada satu quick replies yang telah dibikin, yakni/thanks yang berisi perkataan terima kasih. Anda dapat memberikan tambahan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk keinginan maaf. Tap simbol plus di kanan bawah, selanjutnya tulis pesan keinginan maaf yang paling sopan, dan shortcut pilihan Anda. Paling akhir tap tombol Save. Setelah itu, setiap saat Anda menuliskan keyword/maaf, karena itu aplikasi akan dengan cara automatis menyampaikan pesan keinginan maaf versus penuh yang telah Anda tuliskan awalnya.
Baca Juga :  4 Manfaat WhatsApp Business Untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis Anda

Aktifkan Feature Enkripsi

Dengan cara standar, pesan serta panggilan di WhatsApp Business terproteksi oleh mekanisme enkripsi end-to-end. Tetapi dengan satu langkah penambahan, Anda dapat tahu perkembangan code dari contact yang mengontak Anda.

Aktifkan Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification)

  1. WhatsApp Business mengaplikasikan skema keamanan dua langkah bila diharapkan. Triknya, membuka menu Settings – Akun – Two-step Verification.
  2. Setelah itu, tap Enable selanjutnya masukan 6 digit angka acak yang nanti dipakai untuk PIN verifikasi. Ulangilah code yang sama waktu diharap.
  3. Tap Next serta kesempatan ini masukan alamat e-mail sekitar 2x, serta usai. Tap Done, lalu akan ada panel baru dimana Anda dapat menon-aktifkan feature ini mengubah PIN atau e-mail.

Langkah Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp Business

Pesan broadcast adalah salah satunya media umum dipakai untuk tawarkan produk baru, harga promosi, program paket dan lain-lain. Jadi, feature ini seharusnya dioptimalkan untuk menggerakkan angka pemasaran.

Untuk bikin pesan broadcast, gampang sekali. Tap tombol menu penting, New Broadcast.

Tandai contact yang ingin dimasukkan ke daftar penerima pesan broadcast, selanjutnya tap simbol contreng berwarna hijau.

Usai, kelompok contact penerima broadcast telah dibikin, Anda tinggal mengirim isi penawaran ke mereka. Semua contact yang dalam tempat online, akan terima pesan yang sama.

Langkah Meniadakan Account WhatsApp Business

Paling akhir, dengan fakta khusus Anda dapat juga meniadakan account WhatsApp Business. Triknya hampir sama juga dengan account personal, membuka menu Seting – Akun – Delete my Akun.

Masukan nomor hp yang Anda pakai saat mendaftarkan account, lalu tap Delete my Akun.

Nah, demikianlah 10 panduan memakai WhatsApp Business yang dapat Anda coba kerjakan. Pada umumnya, ada banyak feature yang seperti dengan versus personal, terkecuali menu Business Settings. Jadi, semestinya yang telah terlatih memakai WhatsApp tidak akan temukan banyak kesusahan.

Dibagian paling depan, WhatsApp Business tampilkan tiga menu tab penting, yakni Chat, Status serta Call. Mudah-mudahan berguna, selamat coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *